Senin, 20 Oktober 2014

jika matahari mati......

     GEJALA GEJALA YANG AKAN TERJADI MENJELANG KEMATIAN MATAHARI

Matahari merupakan sebuah bintang,sama dengan bintang lainnya, matahari juga memiliki masa hidup. Jika bahan bakar matahari habis, maka matahari kita pun akan berhenti melakukan reaksi nuklirnya. Menurut peneliti, matahari kita akan mati sekitar 5 milyar tahun lagi. So...ayo kita kondisikan jika pada saat mati masih ada kehidupan manusia di bumi.
   Untuk dapat mengjasilakan cahayanya sendiri dan bersinar, matahari memiliki bahan bakar helium yang difungsikan menjadi helium di inti matahari. Matahari menghasilakan energinya dari reaktor nuklir alaminya di pusatnya dimana suhu dipusat matahari berkisar 14.000.000 C dn bertekanan 1.000.000.000 atmosfir (tekanan di permukaan bumi sekitar 1 atmosfir...cool men!!!). Dengan keadaan panas yang jauh diatas panas membara kaya ghitu, reaksi nuklir fusi dapat terjadi di matahari. Reaksi nuklir yang terjadi di matahari  adalah reaksi peleburan inti hidrogen menjadi inti helium. Nah jadi, setiap detik 657.000.000 ton hidrogen diubah menjadi 652.500.000 ton helium (cool men!!!). Perbedaan massa sebesar 4.500.000 juta ton yang hilang inilah yang diubah menjadi energi. Jika hidrogen mulai menipis, inti matahari akan melakukn penekanan sehingga reaksi fusi yang dilakukan semakin intens. Hal ini berujung pada kematian bintang. Proses kematian matahari mengakibatkan bencana global dalam bebarapa tahapan yaitu :

1. Pada tahap pertama, suhu bumi menjadi 50-60 derajat celcius. Pada suhu yang seperti itu, pesawat akan susah lepas landas dan harus memiliki tenaga yang lebih kuat. Semua orang di dunia akan kepanasan,vtanaman akan mati, dan es kutub akan mencair sehingga permukaan laut dunia akan naik 60 meter. Kota2 yang berada di pinggir panti akan tenggelam (wow...)

2. Tahapan kedua, suhu meningkat hingga 100 derajat celcius di permukaan bumi. Manusia yang selamat akan pindah ke bawah tanah, dan manusia yang hidup di permukaan akan mati. Kalaupun kita ingin ke permukaan maka kita harus menggunakan baju astronot. Kota kota akan terbengkalai, sumber2 air akan mendidih, organisme terakhir yang masih hidup adalah cyanobacteria yang tahan terhadap panas. Magnetosferatau medan magnet bumi ditembul oleh partikel partikel radiasi matahari.

3. Pada tahap ketiga, suhu bumi miningkat menjadi 300 derajat celcius. Baju2 astronot sudah tidak bisa melindungi. Orang orang yang tinggal dibawah tanah pun mati. Semua barang barang akan meleleh. Beton2 penyusun gedung akan tpretak karena airnya menguap. Tapi bangunan bangunan zaman dahulu seperti piramida da  stonehenge masih akan bertahan karena tidak menggunakan beton. Laut sudah tidak ada airnya. Kalaupun ada, airnya pasti panas dan mendidih. Konsentrasi 02 (oksigen) rendah hingga dibawah 10% (Karena panas dan kalah dengan konsentrasi uap air).

4. Pada tahap keempat, matahari semakin membesar. Konstraksi gravitasi yang terjadi di matahari menyebabkan intinya semakin memanas, dan helium yng terbentuk sebelumnya dari hidrogen melelui reaksi nuklir nantinya akan membentuk karbon yang lebih berat lagi juga lewat reaksi nuklir. Akibat konstrasi gravitasi yang terjadi, inti matahari semakin memanas dan konsekuensinya permukaan matahari kita akan membesar hingga lebih dari 100 kali dari matahari kita sekarang. Planet merkurius dan venus sudah ditelan oleh matahari. Suhu bumi mencapai 1300 derajat. Piramida dan stonehenge pun meleleh. Tidak ada lagi kehidupan dibumi, termasuk bakteri cyanobacteria. Tetesan air yang terakhir sudah menguap ke angkas. Di angkasa, H2O terkena radiasi matahari dan terpisah menjadi H dan O. Hidrogen pergi ke angkasa, namun oksigennya kembali ke bumi. Karena   O2 tersebut ada lagi maka bumi pun terbakar. Bumi berubah menjadi planet merah yang terdiri dari batu meleleh tanpa menyisakan bekas beksa peradapan. Zona layak huni bergeser ke daerah orbit jupiter, saturnus, uranus yang dulunya dingin. Dan pada akhirnya bumi ditelan oleh matahari.

Tapi ini semua hanya hipotesa yang baru terjadi 5 milyar tahun lagi. Entah apakah masih ada kehidupan di bumi pada saat itu atau manusia sudah pindah ke planet lain, entahlah...jalani aja.


Sekian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar